Liniswara.com – Seperti yang kita ketahui, lingkungan pendidikan memerlukan kurikulum agar proses pendidikan  sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Hal yang sama berlaku di negara kita Indonesia.

Kurikulum Indonesia bersifat dinamis. Artinya dapat diubah sewaktu-waktu  sesuai dengan waktu dan teknologi. Dan yang terbaru  digunakan dalam dunia pendidikan adalah kurikulum merdeka atau kurikulum belajar mandiri.

Oleh karena itu,  artikel  ini menjelaskan apa itu kurikulum  merdeka belajar dan bagaimana penerapannya dalam kegiatan pembelajaran. Simak penjelasan artikel berikut ini untuk mengetahui lebih dalam tentang kurikulum merdeka. Yuk simak..

Apa Itu Kurikulum Merdeka?

Kurikulum Merdeka atau biasa di sebut kurikulum Belajar Mandiri merupakan pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Iptek untuk mengembangkan kurikulum  yang sudah ada.

Lahirnya kurikulum merdeka ini merupakan dampak dari fenomena pandemi COVID-19 yang menyebabkan proses pembelajaran mengalami banyak kendala dan sangat mempengaruhi satuan pendidikan.  Menurut Buku Saku Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka Belajar adalah kurikulum yang memiliki muatan pembelajaran  yang beragam di dalam kurikulum, dan muatan pembelajaran tersebut sangat cocok untuk memberikan waktu yang cukup bagi peserta didik  untuk memperkuat kompetensinya.

 Dalam praktiknya, pada kurikulum merdeka guru lebih leluasa dalam memilih materi, sehingga dapat menyesuaikan proses pembelajaran  dengan kebutuhan belajar dan minat siswanya.

 Dan menurut pendapat lain  Badan Standar Nasional Pendidikan, pengertian kurikulum merdeka adalah kurikulum yang  mengacu pada pendekatan bakat dan minat dalam proses pembelajarannya. Artinya, siswa bebas memilih mata pelajaran  sesuai dengan bakat dan minatnya.

Hal tersebut disampaikan  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Iptek (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim sebagai bentuk evaluasi perbaikan kurikulum 2013. Lalu untuk menunjang kurikulum merdeka perlunya karakteristik lebih dalam, yang dijelaskan di bawah ini.

Karakteristik Kurikulum Merdeka Belajar

Pengembangan kurikulum merdeka guna menunjang dan mengembangkan belajar mandiri lebih fleksibel dan berfokus pada konten esensial dan pengembangan karakter siswa.

  1. Pembelajaran berbasis proyek bertujuan untuk mengembangkan soft skill dan kepribadian sesuai dengan profil pembelajaran Pancasila.
  2. Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk fokus pada apa yang Anda butuhkan dan mempelajari keterampilan dasar seperti membaca, menulis, dan matematika.
  3. Fleksibilitas Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Diferensiasi

Nah sekarang kita tahu bagaiaman unggulnya kurikulum merdeka, namun tak berhenti di situ saja. Adanya implementasi akan di kategorikan sesuai dengan kebijakan kemendikbudristek. Apa saja dan bagaimana lanjutannya simak penjelasan berikut.

Apa Saja Tahapan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar

Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar atau belajar mandiri tidak selalu lengkap dan serentak. Sesuai dengan kebijakan Kemendikbud, satuan pendidikan diberi keleluasaan untuk menerapkan kurikulum merdeka ini.

 Satuan pendidikan yang memilih kurikulum merdeka untuk belajar mandiri mandiri harus memilih dari beberapa kategori dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, berikut penjelasannya:

  1. Kategori Mandiri Belajar

Pada kategori ini memberikan kebebasan kepada setiap pengajar untuk menerapkan beberapa bagian dan prinsip kurikulum merdeka belajar, namun tidak melupakan adanya penggunaan kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum 2013.

  1. Kategori Mandiri Berubah

Pada tahun pelajaran 2022/2023, satuan pengajaran akan mulai mengimplementasikan kurikulum pembelajaran mandiri dengan menggunakan bahan ajar yang sudah sesuai dengan tingkatan satuan pengajaran pada kurikulum merdeka kali ini.

  1. Kategori Mandiri Berbagi

Dalam satuan kategori mandiri berbagi, pengajar menerapkan kurikulum merdeka di ikuti pengebangan mandiri pada anak usia dini (PAUD), ataupun jenjang SMP.

Penerbit Buku Liniswara

Didirikan pada tahun 2020, Penerbit Liniswara bertujuan untuk menjadi penerbit dan referensi ilmiah terbaik di Indonesia. Bersama dengan para guru dan praktisi, kami  menerbitkan  buku teks dan non-teks berkualitas tinggi yang cocok untuk berbagai mata pelajaran di dunia akademik, khususnya di sekolah teknik, sebagai solusi baru di bidang pendidikan. (SMK). Buku yang diterbitkan menyesuaikan dengan era Revolusi Industri dengan menggunakan prinsip keterkaitan dan kesesuaian dengan tes kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS).

Selama ini  Penerbit Liniswara diketahui telah menjalin kerjasama dengan berbagai MGMP di Jawa Timur dan Jawa Tengah dalam berbagai program Magister Seni yang berkaitan dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).  Menjadi penerbit buku, menerbitkan berbagai program cerdas dan membangun kepercayaan konsumen pada Liniswara bukanlah tugas yang mudah. Dengan banyaknya penerbit buku, liniswara memiliki keunggulan dibanding penerbit buku lainnya. Lihat  di bawah untuk informasi tentang bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan darinya.

Keunggulan Liniswara.com

Keunggulan Bagi Penerbit Buku Selain kemudahan berbelanja, Katalog liniswara memiliki keunggulan tidak mengecewakan konsumen. Apa sajakah? Selebihnya simak di bawah ini.

  1. Terdapat daftar sumber buku lengkap

Penerbit Buku Liniswara memiliki daftar sumber buku lengkap. Jika Anda mencari teks SMK berdasarkan Kurikulum Merdeka atau Kurikulum 13, sudah memiliki teks berdasarkan standar yang telah disepakati. Jadi ketika anda memesan buku SMK tak perlu bingung untuk daftar isi materi pelajaran keahlian yang terkait. Pastinya dengan Kurikulum terbaru materi pembelajaran akan semakin mudah di mengerti atau di aplikasikan.

  1. Kami bekerja sama dengan tim MGMP di seluruh wilayah Indonesia
  2. Bergaransi buku akan diganti jika rusak dalam pengiriman

Menurut keterangan, salah satu instruksi konsumen dari penerbit buku Liniswara adalah mengganti kerugian dan mengganti terbitan sesuai dengan kontrak.

  1. Sesuai dengan standarisasi buku di sekolah umum

Dengan daftar berbagai buku yang disepakati tim redaksi untuk standarisasi, penerbit buku liniswara tidak diragukan lagi. Disusun berdasarkan kurikulum 13 dan Materi kurikulum Merdeka.

  1. Pengiriman ke sekolah-sekolah gratis (kecuali lembaga non-pendidikan)

Nah itulah beberapa penjelasan mulai dari cara memilih penerbit buku pelajaran SMK, hingga keunggulan yang dimiliki oleh liniswara.com. Penerbit buku liniswara cocok untuk anda yang sedang mencari penerbit buku non teks atau buku pelajaran dengan kualitas terbaik dan terlengkap. Segerakan bekerja sama dengan liniswara dan dapatkan layanan terbaik. 

Sebagai perwujudan praktis dari kurikulum merdeka belajar atau kurikulum mandiri, di dalamnya terdapat kegiatan presentasi yang dapat melatih rasa percaya diri pada setiap siswa dan keterampilan berbicara olah kata dengan tepat di depan umum. Oleh karena itu, untuk membuat presentasi yang menarik dan informatif, Anda mungkin memerlukan template PowerPoint gratis yang akan membuat presentasi Anda lebih hidup dan interaktif. Dan tentunya persiapan untuk memahami materi sangatlah penting dan berharga pada pengimplementasian kurikulum merdeka belajar kali ini.

Katalog Kurikulum Merdeka PT. Lini Suara Nusantara

Katalog K13 PT. Lini Suara Nusantara

Membuat Soal Kuis dengan Quizalize Kurang dari Satu Menit? Memang Efektif Terhadap Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran di Zaman Digital?

Era digital telah menciptakan perubahan mendasar dalam hampir setiap aspek kehidupan manusia, dan pendidikan tidak terkecuali. Kehadiran teknologi…

Segitiga Pengaman Dunia Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Berbeda dari era sebelumnya, Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan berbagai teobosan baru di bidang teknologi diantaranya Intenet of…

Call Sahabat Guru di Era Digital

Sebagai insan pendidikan, kita tentu tidak asing dengan kalimat ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut…

Tantangan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi 4.0 Dan Society 5.0

Pendahuluan Pendidikan adalah kunci untuk membangun kapasitas manusia yang unggul. Dengan pendidikan yang berkualitas individu dapat mengembangkan potensi…

Yakin Siswa Siap Menghadapi Pembelajaran di Era Digital?

Perkembangan teknologi informasi saat ini mengalami kemajuan yang luar biasa, hampir di setiap sektor teknologi ini selalu hadir…

Opini Guru: Malu Hilang Peradaban Melayang!

“Dulu zaman saya SMA ga ada yang berani gitu ke guru”, “zaman dulu sekolah boro-boro pake kalkulator, ngitungnya…

Penerbit Buku yang Lolos Penilaian Puskurbuk 2023!

Liniswara, sebagai penerbit buku SMK, menorehkan prestasi gemilang dalam Penilaian Pusat Kurikulum dan Buku (Puskurbuk) Kemendikbudristek 2023. Kiprahnya…

5 Cara Meningkatkan Kreativitas Siswa SMK Melalui Kurikulum Merdeka

liniswara.com - Dalam era persaingan yang semakin ketat, kreativitas menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam dunia kerja. Oleh…

10 Cara Mengembangkan Keterampilan Praktis pada Kurikulum 13 di SMK

liniswara.com - Mengembangkan keterampilan praktis atau yang biasa disebut dengan keterampilan teknis sangat penting dalam dunia kerja, terutama…

8 Cara Menghadapi Ancaman Global Penerapan Kurikulum Merdeka SMK

liniswara.com -  Menghadapi perkembangan dunia yang semakin global, tantangan dalam dunia pendidikan pun semakin besar. Pendidikan di Indonesia…

6 Fakta Menarik Kurikulum 13 sebagai Peningkatan Kompetensi Siswa SMK

Liniswara.com - Kurikulum 13 merupakan kurikulum baru yang diterapkan di Indonesia, termasuk di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kurikulum…

Pengertian Kurikulum 13 SMK secara Interaktif dan kreatif

liniswara.com - Pendidikan di Indonesia terus mengalami perubahan dan peningkatan dari waktu ke waktu, termasuk di Sekolah Menengah…

7 Keunggulan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran di SMK

liniswara.com - Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran yang sangat penting dalam menyiapkan siswa untuk memasuki…

Perbedaan Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka di SMK, Unggul Mana

Liniswara.com - Kurikulum adalah panduan umum dalam penyelenggaraan pendidikan yang memuat standar kompetensi, materi pelajaran, dan metode pengajaran…

5 Cara Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Agar Berkualitas Tinggi

Liniswara.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu jalur pendidikan yang memiliki tujuan untuk membekali siswa dengan…

8 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK lebih Interaktif

Liniswara.com - Dalam dunia pendidikan, motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor kunci yang menentukan keberhasilan dalam belajar.…

Liniswara Online Store

Selamat datang di Liniswara, apa yang dapat kami bantu?

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu