Rujukan Keilmuan di Indonesia

Efektifitas ViA GO ViBel (Video Animasi, Game Online, Video pemBelajaran) dalam Pembelajaran Daring

application on cellphone

Pada awal tahun 2020, saat virus COVID-19 mulai mewabah di Indonesia, pemerintah Republik Indonesia memberikan perintah agar proses belajar mengajar dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau online. Banyak guru yang gagap tekonologi merasa kebingungan dan tidak tahu cara menyampaikan ilmunya kepada anak didik melalui dunia maya. Era disrupsi teknologi telah terjadi, perkembangan teknologi semakin pesat memengaruhi semua sendi kehidupan, termasuk pendidikan. Semua pihak yang terlibat, baik guru dan murid, harus mampu mengikuti perkembangan zaman.

            Salah satu contoh perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan adalah penggunaan Google Classroom dalam penyampaian materi. Ternyata tidak hanya guru saja yang kaget dengan kondisi ini, para murid pun merasakan hal yang sama. Perlu pengondisian agar semua memahami cara belajar secara daring. Pada awalnya murid antusias, tetapi lambat-laun keaktifan mereka menurun. Setelah dilakukan kajian terhadap murid, ternyata 85% beralasan bosan dengan pembelajaran daring dan 15% beralasan paket data habis. Oleh karena itu, digagaslah ide ViA GO ViBel (Video Animasi, Game Online, Video pemBelajaran) dalam menyampaikan pembelajaran daring.

            Motivasi dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan. Motivasi dapat timbul dari diri murid (instrinsik) maupun dari luar (ekstrinsik). Motivasi belajar murid selama pandemi dalam proses belajar daring mengalami penurunan. Oleh karena itu, tercetuslah ide ViA GO ViBel (Video Animasi, Game Online, Video pemBelajaran) dalam menyampaikan pembelajaran daring dengan alasan murid saat ini merupakan generasi Z (Gen Z yang lahir pada tahun 1997-2012) yang suka dengan kepraktisan. Mereka kebanyakan tidak mau repot jika harus membuka file kemudian membacanya dan membuat rangkuman yang harus dikumpulkan ke guru sebagai tugas. Guru harus kreatif jika ingin murid antusias dalam pembelajaran daring. Perilaku kreatif yang dapat dilakukan guru di antaranya dengan membuat trik atau cara khusus, misalnya dengan membuat video animasi, game online, dan video pembelajaran.

            Pada kesempatan ini, terdapat beberapa alternatif yang dipilih. Penulis memilih video animasi “plotagon” sebagai media penyampaian informasi materi. Game online “wordwalldigunakan sebagai media untuk murid berlatih mengerjakan soal, dan video pembelajaran sebagai sarana untuk menyampaikan materi terkait materi praktek pembuatan produk.

            Animasi “plotagon” merupakan sebuah aplikasi yang mampu mengkreasikan film animasi dari setiap bagian. Aplikasi ini memudahkan guru untuk berinovasi karena alur dituliskan di platform tersebut. Guru dapat langsung mengetahui jalan cerita yang mereka tulis secara real time. Game online “wordwall”merupakan aplikasi berbasis website yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, dan lain sebagainya. Aplikasi ini sangat mudah digunakan baik oleh guru dan murid.  

            Guru dituntut tidak hanya menyampaikan materi untuk teori saja, tetapi juga materi untuk praktik. Untuk memudahkan murid memahami materi praktek dan dapat menerapkannya saat praktik di sekolah, maka dibuatlah video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Video Editor. Video Editor ini merupakan aplikasi yang sudah dikeluarkan oleh Microsoft Corporation yang cukup mudah dioperasikan.

            Sebelum penerapan ViA GO ViBel ini, penulis melakukan sosialisasi kepada para murid agar mereka paham. Setelah mereka paham, diterapkanlah ViA GO ViBel dalam pembelajaran daring mata pelajaran Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Setiap dua minggu dilakukan evaluasi pelaksanaan ViA GO ViBel ini.

            Dua minggu awal, 60% murid mengikuti pembelajaran. Hal ini wajar karena masih banyak murid yang tidak mengetahui penerapan cara ini. Motivasi terus dilakukan untuk meningkatkan keaktifan mereka. Setelah satu bulan pelaksanaan, 90% murid merasa antusias mengikuti pembelajaran. Dengan menonton video animasi dan video pembelajaran lebih memudahkan mereka untuk memahami materi yang disampaikan guru saat itu. Apalagi dengan adanya game online yang menuntut mereka menguasai materi pembelajaran terlebih dulu agar dapat memenangkan permainan yang ada.

            Banyak murid yang berkomentar, “Pembelajarannya asyik dan menantang”, dan selalu menunggu pembelajaran daring lagi pada pertemuan berikutnya. Untuk menguji tingkat keberhasil penerapan cara ViA GO ViBel ini, murid diuji dalam bentuk ulangan harian. Hasilnya 90% nilai murid sudah mencapai nilai ketuntasan minimal.

              Dalam penerapan ViA GO ViBel ini hampir tidak hambatan yang berarti, karena semua aplikasi ini sangat mudah dijalankan di gawai murid. Hanya sinyal saja yang sering menghambat proses pembelajaran daring dengan cara ViA GO ViBel ini.

              Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan ViA GO ViBel ini dapat meningkatkan motivasi belajar murid. Perilaku kreatif guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif kreatif efektif dan menyenangkan akan dapat menambah motivasi belajar murid selama Pandemi COVID-19.

Penulis: Yuniar Safitri, S.P., M.Agr. (SMKN 1 Nguling)
Editor: Chania Widyasari, S.Pd.

Daftar Pustaka

A.M.S. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Arum, dkk. 2021. Apakah Perilaku Kreatif Guru Memengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19?. Jurnal Jendela Pendidikan Edisi Agustus 2021.Vol 1 No. 03. (https://ejournal.jendelaedukasi.id)

Dewantara, Ki Hadjar. 2004. Bagian Pertama Pendidikan. Cet.3. MLTPS: Yogyakarta.

Chania Widyasari

Seorang staf digital marketing, penyuka buku, dan content creator di Instagram @chaniawidya. Hubungi saya lebih lanjut melalui e-mail chaniawidyasari@gmail.com atau DM Instagram.

You also like

Penggunaan Google Classroom dalam Kegiatan Pembelajaran Kala Pandemi COVID-19

oogle Classroom bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian, dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas. Dengan menggunakan Google Classroom, guru bisa membuat kelas maya, mengajak siswa gabung dalam kelas, memberikan informasi terkait proses KBM, memberikan materi ajar yang bisa dipelajari siswa (baik berupa file paparan maupun video pembelajaran), memberikan tugas kepada siswa, membuat jadwal pengumpulan tugas dan lain-lain (Rosidah, 2020).

Belajar Menjahit Online untuk Siswa Tata Busana Saat Pandemi Covid-19

Dunia pendidikan SMK Tata Busana membuat gebrakan baru. Gebrakan ini dilakukan dengan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang pada mulanya dilakukan secara luring harus menjadi daring sebagai dampak dari Pandemi COVID-19. Menjahit secara online merupakan tantangan baik bagi guru maupun siswa.

BALIBO (Belajar Asyik Dengan Live Board): Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA di Kala Daring

Aplikasi Live Board merupakan aplikasi papan tulis virtual. Selama menggunakan aplikasi tersebut, pengguna dapat merekam suara dan bisa menambahkan gambar serta tulisan sesuai materi pembelajaran. Media ini memiliki konten komunikatif sehingga guru bisa menjelaskan materi pelajaran sebagai upaya pembimbingan menerapkan media ini dalam pembelajarannya, karena lebih praktis dan efektif dalam pelaksanaannya.

Hybrid Learning, Benarkah Sebuah Solusi?

Di tengah kekalutan ini, muncul istilah hybrid learning atau blended learning. Hybrid learning merupakan metode belajar yang mengombinasikan sistem tatap muka dengan sistem tatap maya dalam waktu bersamaan. Beberapa sekolah telah menerapkan hybrid learning tersebut. Pertanyaannya adalah, “Apakah hybrid learning benar merupakan solusi yang tepat untuk digunakan dalam jangka panjang?”

Video-Blogging: Belajar Asyik di Tengah Pandemi Covid-19

Video-Blogging (disingkat "vlog" atau vlogging atau vidblogging) merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan media video. Penggunaan teks atau audio sebagai sumber media perangkat seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera yang dilengkapi dengan mikrofon merupakan modal yang mudah untuk melakukan aktivitas video blogging.

Papan Bimbingan Online sebagai Media Bimbingan Konseling Daring

Pada masa pandemi, interaksi guru dan siswa dilakukan secara dalam jaringan (daring). Guru  BK mulai merasa kesusahan karena guru BK berbeda dengan guru mata pelajaran yang berorientasi pada aspek kognitif dan nilai. Guru BK berorientasi pada aspek afeksi dan karakter siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop

Liniswara Online Store

Selamat datang di Liniswara, apa yang dapat kami bantu?

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu